Memperbaiki Motivasi Belajar dan Kuliah

Pertama, saya ucapkan “Selamat dan Sukses”  telah diterima kuliah di Perguruan Tinggi Bidang Kesehatan ( Akper, Stikes, Akbid, Fakultas Kedokteran dan lain-lain)

Kedua, wajib kiranya anda bersyukur kepada Allah Swt, berterima kasih kepada Tuhan.

Mengapa bersyukur ?  

1.Kesempatan melanjutkan menuntut ilmu ke jenjang yang lebih tinggi, tidak semua teman anda bisa melanjutkan kuliah karena kendala :

  • Kemampuan IQ
  • Finansial atau Kemampuan keuangan
  • Dukungan Orang tua.

2. Kuliah pada bidang yang bersentuhan langsung dengan kemanfaatan pada diri, masyarakat dan kemanusiaan yang luas.

  • Lebih dekat mengenal “diri”, Kesempatan mengenal “Keber-ada-an” dan Kebesaran Tuhan.  “Barang siapa mengenal  diri  maka akan mengenal  Tuhannya”.

  • Dan di bumi itu terdapat tanda- tanda ( kekuasaan Allah ) bagi orang-orang yang yakin. Dan ( juga ) pada dirimu sendiri. Maka apakah kamu tidak memperhatikan?”  ( Q.S 51. Adz Dzariyat : 20 – 21 )

3. Jika lulus ( dan bekerja sesuai bidang ) akan memberikan ketenangan hidup karena bekerja  pada bidang yang selaras dengan panggilan nurani, mengabdi pada kebaikan nilai-nilai kemanusiaan universal dengan cara tetap teguh memegang etika dan profesionalisme yang ada.

Ketiga, Nah… ini sikap dan tindakan penting dalam belajar atau menuntut ilmu meraih sukses dapat kita capai dengan langkah-langkah :

  1. Niat-kan dalam rangka ibadah dan mencari Ridho Allah Swt.
  2. Tuliskan Impian dan Target anda !
  3. Sungguh-sungguh dan tekun dalam belajar, mengerjakan tugas, menyelesaikan kuliah sesegera mungkin,  hakekatnya untuk bekal & pengalaman diri ,menekan biaya ( ingat jerih-payah orang tua kita mengumpulkan rupiah demi  rupiah dan berharap kebaikan masa depan pada anaknya )
  4. Terapkan strategi belajar yang efektif dan efisien, misal dengan metode : Mind Mapping.
  5. Terus pertahankan dan tingkatkan motivasi, misal : sebagai salah satu jalan membahagiakan dan bentuk syukur atau terima kasih kepada kedua orang tua, terutama ibu.                                                                                        

Dan Kami perintahkan  manusia ( berbuat baik) kepada dua orang ibu-bapaknya; ibunya telah mengandungnya dalam keadaan lemah yang bertambah- tambah & menyapihnya  dalam 2 tahun. Bersyukurlah kepada-Ku & kepada dua orang ibu bapakmu, hanya kepada-Ku lah kembalimu.” (Q.S. Luqman : 14)

6. Open Your Eyes : temukan, renungkan, endapkan  dalam benak kesadaran pikir dan hati kita tanda-tanda kebesaran Tuhan dan jadikan sebagai pendorong semangat beribadah.

“Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi, dan silih bergantinya malam dan siang terdapat tanda-tanda bagi orang-orang yang berakal, (yaitu) orang-orang yang mengingat Allah sambil berdiri atau duduk atau dalam keadaan berbaring dan mereka memikirkan tentang penciptaan langit dan bumi (seraya berkata): “Ya Tuhan kami, tiadalah Engkau menciptakan ini dengan sia-sia. Maha Suci Engkau, maka peliharalah kami dari siksa neraka.” ( QS. Ali Imran : 190-191 ).

Demikianlah, saya turut berdoa, semoga Anda meraih kesuksesan dunia akherat. Menjadi sebaik-baik manusia yang dapat bermanfaat dalam kebaikan bagi sesama. Aamiin.

Cintai Ilmu Ikhlaskan Amal  

Memperbaiki Motivasi Belajar dan Kuliah, dapat Anda download klik di sini

Iklan

One thought on “Memperbaiki Motivasi Belajar dan Kuliah

  1. cukup menggugah saya untuk bisa menunjang cita” saya untuk mneruskan kuliah ….. macsih yaaaaaaaaahc !!!!! tapi ad dibenakku dalam keraguan untuk dukungan .

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s