Beranda » Parasitologi » Trichomonas vaginalis

Trichomonas vaginalis

Trichomonas vaginalisTrichomonas vaginalis, tergolong kelas flagellate (bulu cambuk), adalah protozoa patogen pada manusia yang paling umum ditemukan di negara-negara industri. Nama penyakit : Trikomoniasis. Distribusi Geografis : Worldwide. Prevalensi yang lebih tinggi ditemukan pada orang-orang yang memiliki banyak pasangan seksual atau pada penyakit kelamin lainnya.

Siklus Hidup :

Trichomonas vaginalis berada di saluran alat kelamin perempuan bagian bawah. Pada  laki-laki berada di uretra dan prostat.Memperbanyak diri dengan pembelahan biner ( satu menjadi dua). Parasit tidak memiliki bentuk kista, dan tidak bertahan dengan baik di lingkungan luar.Trichomonas vaginalis ditularkan di antara manusia, terutama melalui hubungan seksual.

siklus Trichomonas

Gambaran Klinis :

Infeksi Trichomonas vaginalis pada wanita sering menimbulkan gejala: Vaginitis (radang vagina) dengan discharge purulen (bercak putih kekuningan) merupakan gejala menonjol, dan dapat disertai dengan lesi vulva (tampak kelainan kulit / bibir vagina) dan leher rahim, sakit perut, disuria (nyeri ketika berkemih), dan dispareunia (nyeri ketika berhubungan seks).Masa inkubasi adalah 5 sampai 28 hari. Pada pria, infeksi sering asimtomatik (tidak memunculkan gejala). Kadang-kadang : uretritis (radang uretra), epididimitis (radang epididimis), dan prostatitis (radang prostat) dapat terjadi.

Diagnosis Laboratorium :

Pemeriksaan mikroskopis sample basah dapat mengarah pada diagnosa dengan mendeteksi organisme aktif bergerak. Ini adalah metode yang paling praktis dan cepat diagnosis (memungkinkan perawatan segera), tetapi relatif tidak sensitif. Pewarnaan antibodi immunofluorescent langsung lebih sensitif dibandingkan sample basah, tetapi secara teknis lebih kompleks. Kultur  parasit adalah metode yang paling sensitif, tetapi hasilnya tidak tersedia selama 3 sampai 7 hari. Pada wanita, pemeriksaan harus dilakukan pada cairan vagina dan uretra. Pada pria, sekresi saluran kencing atau prostat anterior harus diperiksa.

Gambaran Mikroskopis :

TrichomonasTrofozoit vaginalis Trichomonas adalah pyriform (pipih memanjang) dan dengan panjang 7-30 pM. Mereka memiliki 5 (lima) flagela (bulu cambuk) : empat flagela arah anterior / depan dan satu posterior / belakang sepanjang membran luar membran bergelombang. Inti besar biasanya terletak di akhir, lebih luas anterior dan berisi banyak butiran kromatin dan karyosome kecil. Sitoplasma juga mengandung banyak butiran, tetapi ini seringkali tidak terlihat dalam spesimen dengan pengecatan Giemsa .

Trichomonas vaginalis

Pengobatan :

Perawatan harus dilaksanakan di bawah pengawasan medis, dan harus mencakup semua pasangan seksual dari orang yang terinfeksi. Obat-obat pilihan untuk pengobatan adalah metronidazol dan tinidazole; terapi biasanya sangat sukses. Strain Trichomonas vaginalis yang resisten terhadap kedua obat telah dilaporkan.

download


1 Komentar

  1. siswati mengatakan:

    terima kasih kiriman ilmunya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Renungan

Sukses Kuliah

%d blogger menyukai ini: